Sabtu, 30 Desember 2017

Suku Bangsa Indonesia

" Suku Bangsa di Indonesia " 
Media Pembelajaran Geografi
Materi Pembelajaran : Keragaman Budaya Indonesia
Wiganda 1500461



Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan di kawasan Asia. Penduduk Indonesia bersifat heterogen sehingga memiliki budaya yang beranekaragam di setiap wilayah. Keberagaman budaya di Indonesia dapat dipengaruhi oleh keadaan kondisi geografis yang ada. Jumlah penduduk Indonesia mencapai 200 juta jiwa lebih, penduduk Indonesia tersebar di berbagai pulau dan memiliki ciri khas budaya masing-masing, karena merupakan warisan budaya yang berkembang di masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai etnis, suku, agama, antar golongan, ras, dan bahasa daerah yang menyebar di tanah nusantara. 

Definisi suku bangsa secara umum merupakan suatu golongan sosial yang digunakan sebagai pembeda anatar golongan satu dengan golongan sosial yang lain yang berkembang hidup di masyarakat. Pembeda golongan sosial ini dikarenakan adanya ciri-ciri yang saling terkait dengan tempat asal-usul serta kebudayaannya. 

Sedangkan menurut Koentjaraningrat (1986) adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan dalam budaya dan terikat oleh kesadaran akan sebuah identitas tersebut. Kesadaran dan identitas yang dimiliki biasanya diperkuat dengan kesatuan bahasa. 

Negara Indonesia ialah negara yang berasal dari berbagai suku bangsa, termasuk Jawa, Sunda, Aceh, Madura, Batak, Minangkabau, Bali, Bugis, dan lain-lain. 


Untuk materi lebih lengkap bisa di download dibawah ini : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Pendek Media Pembelajaran Geografi

MEDIA AUDIO VISUAL FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Materi Pembelajaran : Materi Keragaman Budaya  Wiganda 1500461  Menurut Sukm...