Sabtu, 30 Desember 2017

Handout Materi Keragaman Budaya Indonesia

HANDOUT
KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Media Pembelajaran Geografi
Wiganda 1500461

      
  A.Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia
  1. Pengertian Kebudayaan 
   Menurut Koentjaraningrat (2009) budaya atau kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan (ide), tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia. Kebudayaan ini diperoleh manusia melalui proses pengamatan dan pembiasaan. Tiga wujud kebudayaan yaitu:
 a. Dapat berupa ide, gagasan, nilai, norma, dan peraturan. Wujud kebudayaan ini bersifat abstrak karena berada di dalam pikiran manusia sehingga tidak dapat diraba atau di dokumentasikan.
b. Dapat berupa aktifitas atau tindakan manusia dalam masyarakat. Wujud kebudayaan ini bersifat nyata karena dapat dilihat.
c. Dapat berupa benda-benda hasil karya manusia. Wujud kebudayaan ini sangat nyata telihat dan dirasa oleh alat pancaindra. Misalnya bangunan, pakaian, senjata,dan kesenian
   2. Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia 
         Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG), Indonesia memiliki luas kurang lebih 5.193.250 km. luas lautan 3.273.810 km, dan luas daratan 1.919.440 km dengan jumlah pulau sebanyak 13.446. Data-data tersebut telah disertai dengan kordinat Global Positioning System (GPS) yang dilakukan oleh badan informasi geospasial (BIG) dan telah di laporkan ke  united nations group of ekpert on geographical names (UNGEGN). Satuan geogafis yang ada di Indonesia terbagi menjadi empat, yaitu satuan kepulauan  sunda besar, yang terdiri dari Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi, termasuk pulau-pulau sekitarnya.
        B. Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia
Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang berembang ditempat suku bangsa berada. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang  timbul sebagai buah usaha seluruh rakyat Indonesia. Kebudayaan nasional merupakan puncak dari kebudayaan daerah. Kebudayaan lama dan asli daerah-daerah diseluruh Indonesia merupakan kebudayaan nasional.



         Wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman suku bangsa yang tinggal di daerah tersebut. Setiap Pulau dihuni oleh suku bangsa yang memiliki ciri khas kebudayaan masing-masing, seperti bahasa, kesenian, religi, dan organisasi sosial. Keragaman budaya Indonesia tersebut merupakan suatu kekayaan intelektual yang harus kita lestarikan. Terdapar sekitar 539 suku bangsa yang mendiami wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Banyaknya suku bangsa tersebut tersebar dari ujung Barat Pulau Sumatera hingga ujung Timur Papua.  
C. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar di Dunia.
            Indonesia terdiri atas 13.446 pulau yang tersebar dari sabang sampai marauke, dari Timor sampai ke Talaud yang kemudian disatukan oleh lautan diantara samudra hindia dan samudra pasifik. Indonesia dimasa lampau adalah kerajaan-kerajaan yang berbeda-beda . Indonesia memiliki perbedaan kebudayaan seiring dengan wilayah-wilayah yang dikuasai kerajaan-kerajaan tersebut. Indonesia memiliki sejarah panjang sejak masa kerajaan hindu-budha sampai dengan islam. Kebudayaan Indonesia bekembang seiring tumbuhkembangnya Indonesia sebagai suatu bangsa. 
              Indonesia sebagai bangsa dan Negara tetap tidak meninggalkan budaya-budaya asli tiap daerahnya. Bangsa Indonesia merupakan perwujudan dari suku-suku bangsa yang ada diindonesia. semboyan bangsa indonesia yaitu “Bhinneka tunggal ika” yang artinya berbeda-beda suku bangsa tetapi tetap satu Indonesia. Semboyan ini mengingatkan emosional suku bangsa yang ada di Indonesia sehingga menumbuhkan rasa persaudaraan dan toleransi  antar suku bangsa sebagai sesama bangsa Indonesia. Oleh karena itu, bangsa Indonesia disebut multikultural.
Materi lebih lengkap nya mengenai keragaman budaya Indonesia dapat di download di link :  Handout Materi Keragaman Budaya Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Pendek Media Pembelajaran Geografi

MEDIA AUDIO VISUAL FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Materi Pembelajaran : Materi Keragaman Budaya  Wiganda 1500461  Menurut Sukm...